Warga Yogya sambut Baik Kebijakan Penggunaan Masker Dilonggarkan

Ilustrasi (dok. kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Pemerintah telah melonggarkan kebijakan penggunaan masker di area terbuka. Kebijakan tersebut mendapatkan sambutan baik dari masyarakat, terutama di Yogyakarta.

Salah satu warga Yogyakarta, Rosihan Anwar mengaku setuju dengan kebijakan pemerintah tersebut, seiring dengan melandainya kasus Covid-19, termasuk di Yogyakarta. saya pribadi setuju jika masker

“Mungkin itu tanda bahwa pandemi sudah siap beralih menjadi endemi atau penyakit biasa, kata Rosi kepada kabarkota.com, Kamis (18/5/2022).

Di lain pihak, Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menyatakan bahwa Pemkot Yogyakarta akan segera menerapkan kebijakan tersebut. Namun demikian, ada batasan-batasan yang tetap harus dipatuhi. Diantaranya, masker bisa dilepas di area terbuka yang tidak terjadi kerumunan besar. Sedangkan bagi para lansia, dan masyarakat yang memiliki komorbid, serta masyarakat yang sedang batuk atau pilek tetap disarankan untuk memakai masker saat beraktivitas.

“Jadi imbauan kami, meskipun diizinkan tidak menggunakan masker di area terbuka, tetap yang merasa nyaman memakai masker, maka lebih baik masker tetap digunakan,” tegas Heroe.

Sebelumnya pada 17 Mei 2022, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) melalui kanal youtube Sekretariat Presiden mengumumkan bahwa pemerintah telah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker, jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan/di area terbuka yang tidak pada orang. Selain itu, para pelaku perjalanan dalam dan luar negeri yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap, maka tidak perlu lagi melakukan tes swab PCR maupun tes antigen. (Rep-01)

Pos terkait