19 Pasien di Indonesia Positif Corona

Ilustrasi (dok. Kemenkes RI)

JAKARTA (kabarkota.com) – Pemerintah melalui juru bicara penanganan covid-19 Achmad Yurianto mengumumkan, jumlah kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Indonesia kini menjadi 19 orang.

Menurut Yurianto, sebelumnya telah ada 6 pasien positif Covid’19, kemudian bertambah 13 kasus sehingga jumlahnya menjadi 19 kasus

“Pasien termuda berusia 16 tahun dan pasien tertua berusia 59 tahun,” sebut Yuri dalam siaran pers seperti dikutip dari laman Kemenkes RI, Senin (9/3/2020).

Baca Juga:  Mengintip Sayuran Rahasia Kesehatan Orang Jepang

Yuri menyebut, tujuh dari 13 kasus baru tersebut berasal imported case, karena pasien memiliki riwayat perjalanan ke negara-negara yang telah terjangkit covid-19. Setelah kembali ke Indonesia, beberapa hari kemudian menujukkan gejala yang mengarah ke penyakit covid-19.

“Sudah (ditelusuri) dari 3 negara. Yang pasti dari negara yang terinfeksi,” imbuhnua.

Selain imported case, penambahan 6 kasus positif merupakan hasil tracing dan tracking dari 6 kasus positif sebelumnya yang merupakan bagian dari kluster Jakarta. Mereka saling terkait, termasuk dua WNA yang juga terkonfirmasi positif.

Baca Juga:  Besaran Premi, akar Masalah BPJS?

Kasus 07, perempuan 59 tahun dalam kondisi sakit ringan-sedang, dan stabil. Kasus 07 adalah imported case, karena yang bersangkutan baru kembali dari luar negeri dan beberapa saat menunjukkan gejala ke arah covid-19. Setelah dilakukan pemeriksaan baik dengan PCR maupun Genom sekuensing, hasilnya positif.

Selanjutnya sebut Yuri, kasus 08, laki-laki 56 tahun. pasien ini tertular kasus 07. Keduanya merupakan pasangan suami istri

Baca Juga:  Hal yang perlu Diperhatikan saat Tersengat Ubur-ubur

Dengan bertambahnya jumlah kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Indonesia, Yuri mengaki, pihaknya telah mendapatkan arahan dari Presiden, Joko Widodo agar masyarakat tetap tenang, namun selalu waspada. Mengingat, penyakit ini memiliki gejala ringan bahkan asimptomatik. (Ed-01)