Dasyatnya Letusan Gunung Calbuco

Kedasyatan letusan Gunung Calbuco di Chile Selatan, Kamis (23/4). (Sumber: bbcindonesia.com)

CHILE (kabarkota.com) – Setelah puluhan tahun tak menampakkan aktivitas erupsi, Gunung Calbuco di Chile Selatan, Kamis (23/4), meletus dua kali, dalam kurun waktu beberapa jam.

Kedasyatan letusan gunung tersebut, terlihat dari  lava dan awan panas yang menyembur ke udara dalam jumlah besar.

Selama ini, Calbuco dikenal sebagai salah satu gunung berapi paling aktif di Chile, namun tidak memperlihatkan tanda-tanda bahwa gunung ini akan meletus.

Baca Juga:  Soal Eksekusi Mati kasus Bali Nine, Australia kembali Rayu Indonesia

Pemerintah setempat telah memberlakukan keadaan darurat, serta melakukan evakuasi terhadap lebih dari 4 ribu warga yang tinggal dalam radius 20 kilometer.

Warga di kota Ensenada dan di dua kota lainnya juga diminta untuk mengungsi. Sementara itu, di kota Puerto Varas, warga diminta untuk bersiaga. Sementara, Kota Puerto Montt, yang terletak tak jauh dari Gubung Calbuco, diselimuti abu.

Menteri Dalam Negeri Chile, Rodrigo Penailillo mengimbau, agar warga di sekitar Gunung Calbuco  bersiaga dan tetap tenang

Baca Juga:  Tahun 2020, Indonesia Ciptakan 1000 Technopreneurs

Chile merupakan negara dengan jumlah rangkaian gunung api terbanyak di dunia dan hanya bisa dikalahkan oleh Indonesia. Di Chile terdapat sekitar 500 gunung api yang aktif.

Di kawasan Chile selatan, ini adalah letusan yang kedua. Maret lalu Gunung Villarica meletus pada dini hari, mengeluarkan lava dan awan panas. (BBC Indonesia)