Gempa di Nepal, Eksekutif Google turut Meninggal

Ilustrasi (sumber: bbc.co.uk)

JAKARTA (kabarkota.com) – Gempa dasyat yang mengguncang Kathmandu dan Pokhara, Nepal, Sabtu (25/4) waktu setempat telah mengakibatkan ribuan korban meninggal dunia. Termasuk salah satunya, eksekutif Google Inc yang berbasis di California, Dan Fredinburg.

Veteran Google ini meregang nyawa saat mendaki puncak everest bersama tiga karyawan google lainnya. Naas, ketika itu longsor di puncak tertinggi dunia itu terjadi bersamaan dengan gempa yang mengguncang wilayah Nepal.

Baca Juga:  Mahasiswa Sudan di Indonesia masih Minim, Ini Alasannya

Dalam pernyataan tertulisnya, perwakilan dari Google, Lawrence You menyatakan bahwa Kepala privasi Google X tersebut mengalami cedera hebat di kepalanya hingga nyawanya tak terselamatkan. Sementara tiga koleganya tak mengamani cidera akibat peristiwa tersebut.

Semasa hidupnya, Fredinburg termasuk pendaki yang berpengalaman, dan telah beberapa kali mendaki puncak Everest bersama Jagged Globe, yakni perusahaan yang mengorganisasi pendakian gunung.

Sementara, Satu tim divisi gunung pasukan India berhasil menemukan 18 mayat di Everest. Sedangkan Kementerian Pariwisata Nepal hanya memastikan 10 orang meninggal dunia. Namun juru  bicara Kementrian memperkirakan jumlah korban meninggal masih akan bertambah.

Baca Juga:  Jadi "Trending Topic" di Google, Siapa Inge Lehmann?

Sepanjang sejarah Nepal, gempa 7,9 Scala Richter kali ini merupakan yang terdasyat sejak 81 tahun terakhir. (antara)