Ditemui Jokowi-JK, Sultan Nyatakan Netral

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, Senin (2/6) siang menerima kunjungan capres-cawapres, Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi – JK) di kompleks Keraton Kilen Yogyakarta. Dalam pertemuan tertutup tersebut, Sultan menyatakan netral pada Pilpres mendatang.
"Ya nanti pilihan saya pada saat saya masuk di TPS", ucap Sultan di hadapan wartawan.
Meski netral, Sultan berharap Jokowi-Jk menempatkan kekuasaannya untuk rakyat dan tidak merasa berkuasa jika nantinya memperoleh kepercayaan sebagai presiden dan wakil presiden pada Pilpres mendatang.
Baca Juga:  6 Anak Berkebutuhan Khusus terima Bantuan Alat Bantu Dengar
"Dengan begitu rakyat menjadi aman dan nyaman," tuturnya.
Terkait hal itu, Jokowi mengaku sepakat dengan petuah sultan. Bahkan dia mengaku menyerap filosofi hamemayu hayuning buwono, yakni pemimpin yang harus hadir untuk rakyat dan menjadi bagian dari rakyat.
Kehadiran Jokowi-JK di keraton Yogyakarta, diakui karena mereka menghormati sultan tidak hanya sebagai raja dan gubernur, namun juga sebagai guru bangsa kebudayaan dan multikulturalisme.
Baca Juga:  Klitih Kian Meresahkan, Warga Yogya Gelar Aksi Jogja Damai 9119
"Silaturahim kami ini sekaligus meminta doa restu dari Sultan atas pencapresan bersama Jusuf Kalla," aku Jokowi. (jid/tri)