Ekonom UGM, Toni Prasetiantono Meninggal Dunia

  • Whatsapp

Toni Prasetiantono (dok. humas ugm)

SLEMAN (kabarkota.com) – Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta tengah berduka. Salah seorang ekonom terbaiknya, Toni Prasetiantono meninggal dunia.

Bacaan Lainnya

Kabag Humas dan protokol UGM, Iva Iriani mengatakan, Toni meninggal dunia di Jakarta, pada Rabu (16/1/2019) malam. Jenazah rencananya dibawa ke Yogyakarta pada Kamis (17/1/2019) sore ini, ke rumah duka di perumahan Merapi View.

“Selanjutnya proses pemakaman dilangsungkan pada hari Jumat (18/1/2019), di makam keluarga UGM di Sawitsari, Condongcatur, Sleman,” kata Iva dalam siarab persnya.

Semasa hidupnya, Almarhum mengajar di FEB UGM, serta pernah menjadi Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik di UGM, sejak 2009. Pria kelahiran Muntilan ini, juga telah menjadi Dosen di Fakultas Ekonomika dan Bisnis di Gadjah Mada Universitas Sejak 1986.

Selain menjadi pengajar, Toni juga dikenal sebagai pengamat ekonomi handal. Ia selalu menjadi narasumber media cetak dan elektronik dalam mengulas berbagai isu ekonomi nasional dan menganalisis soal perkembangan ekonomi dunia. Tidak jarang ia juga diminta menulis kolom opini di media nasional dan lokal. Bahkan, jelang kepergiannya, ia masih menjabat sebagai Komisaris Independen PT Bank Permata Tbk., sejak 2011.

Bukan hanya sibuk dengan bahasan soal ekonmi, di kampus Toni juga memiliki selera seni yang kuat. Ia merupakan salah satu promotor kegiatan konser musik Jazz UGM dalam beberapa tahun terakhir.

“Kegiatan musik jazz di UGM seolah tidak bisa terlaksana tanpa camputangan tangan dingin Toni yang mampu menghadirkan musisi jazz nasional dan internasional. Dalam sebuah kesempatan, musisi jazz kenamaan Fariz RM pernah melontarkan ia sudah lama mengimpikan untuk bisa diundang Toni agar bisa tampil di musik Jazz UGM hingga akhirnya bisa kesampaian juga,” kenangnya.

Di konser musik jazz ala kampus ini, lanjut Iva, Toni mampu mengundang musisi jazz dunia untuk hadir di Yogyakarta dengan tampil bareng musisi muda dari tanah air. (Ed-03)