Film Senyap Raih Penghargaan dalam Festival Film Tertua di Eropa

Ilustrasi. (Sumber: merdeka.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Film yang menuai kontroversi di Indonesia, The Look of Silence atau Senyap menyabet kategori film dokumenter terbaik dalam penghargaan Bodil di Bremen Theater, Copenhagen, Denmark, Sabtu (28/2).  Bodil Awards merupakan ajang penghargaan film oleh Asosiasi Kritikus Film Denmark. Agenda rutin yang digelar sejak 1948 ini merupakan salah satu penghargaan film tertua di Eropa. (Baca juga: Film Senyap Batal Diputar, AJI Yogya Kecewa Sikap Polisi)

Baca Juga:  Anggota Parlemen India Cekoki Karyawan Restoran yang Berpuasa dengan Roti

Film Senyap dinilai menggugah perasaan, mendorong seseorang untuk berpikir, dan membuka mata untuk melihat dunia. "Setiap penghargaan yang didapatkan film ini saya harap selalu menjadi pengingat bahwa masih banyak yang harus dikerjakan untuk menegakkan keadilan dan mengungkap fakta-fakta sejarah yang digelapkan dari ruang-ruang kelas di Indonesia," kata Adi Rukun, adik bungsu korban 1965 dalam film Senyap.

Film Senyap memenangi kategori film dokumenter terbaik dengan mengalahkan film The Circus Dynasty, 1989, The Arms Drop, dan We Are Journalists. (Baca juga: LBH Yogya Beri Rapor Merah untuk Polda DIY) (Antara)

Baca Juga:  Tips Mengobati Sariawan Secara Alami dan Cepat