Ingin Selfie di Ketinggian Ekstrem? Di sini Tempatnya

Mercusuar pandansari (sutriyati/kabarkota.com)

BANTUL (kabarkota.com) – Satu hal yang hampir tak pernah terlewatkan saat berkunjung ke suatu tempat atau obyek wisata adalah berfoto selfie di spot-spot yang dianggap menarik atau pun menjadi icon obyek tersebut.

Jika Anda cukup punya nyali atau ingin menguji adrenalin dengan berselfie di atas ketinggian ekstrem, obyek wisata satu ini bisa menjadi referensi untuk dikunjungi saat akhir pekan.

Adalah mercusuar di kawasan pantai Pandansari yang terletak di wilayah Kabupaten Bantul, DIY. Penjaga mercusuar, Rudi Prayitno kepada kabarkota.com baru-baru ini menjelaskan bahwa menara pantau tersebut memiliki ketinggian sekitar 40 meter, yang terdiri atas delapan lantai.

Baca Juga:  #GejayanMemanggil2, Begini cara Seniman Yogya Berdemonstrasi

“Mercusuar ini sebenarnya digunakan untuk memantau kapal-kapal yang berlayar di malam hari,” ungkapnya.

Namun, sekarang mercusuar ini dibuka untuk umum, mulai jam 8 pagi sampai jam 6 sore. Hanya saja saat cuaca buruk atau hujan turun, lokasi yang terletak di utara pantai Pandansari ini ditutup karena dikhawatirkan bisa membahayakan pengunjung.

Di atas ketinggian menara putih itu, Anda bisa menikmati keindahan alam dengan jangkauan hingga 20 mil jauhnya. Tak hanya hamparan pantai selatan yang membiru indah, Anda juga akan disuguhi panorama alam yang sangat indah, terutama saat matahari hampir terbenam.

Untuk bisa menjangkau puncak menara, Anda akan dikenai retribusi yang diistilahkan oleh penjaga menara sebagai “uang kebersihan” sebesar Rp 5 ribu per orang, dan menaik ratusan anak tangga, dalam waktu sekitar 10 – 15 menit.

Baca Juga:  21 Februari, Jalan Malioboro akan Ditutup

Menurut Rudi, tak kurang dari 100 orang yang rata-rata kalangan muda-mudi mengunjungi lokasi ini saat akhir pekan.
 
Bagi yang takut ketinggian, jangan khawatir, karena selain mercusuar, di kawasan Pantai Panansari juga terdapat hamparan pohon cemara laut yang tumbuh dengan lebat, sangat bagus untuk spot berselfie. Bagi yang hobi memancing, Anda juga bisa menghabiskan waktu di pantai dengan suasana yang relatif tenang karena lokasi ini masih terhitung sepi dari wisatawan.

Baca Juga:  Hotel Berdiri, Warga Miliran Yogya Mulai Krisis Air

Karena kondisi yang masih relatif sepi pengunjung, di pantai Pandansari ini tidak ditemukan penjaja kuliner sebagai mana pantai-pantai di sebelahnya, seperti Pantai Samas, Pantai Kuwaru, atau Pantai Goa Cemara, dan Pantai Pandansimo.

Sayangnya, belum ada angkutan umum menuju Pantai Pandansari sehingga pengunjung harus membawa kendaraan pribadi untuk menjangkau lokasi tersebut.
Dari Yogyakarta, Anda cukup menyusuri Jalan Bantul. Sesampainya di Kota Bantul perjalanan masih dilanjutkan ke arah selatan. Setelah sampai di pertigaan sebelum Pantai Samas, belok kanan dan ikuti petunjuk arah yang ada. (Rep-03/Ed-03)