Kalahkan ISIS, Jenderal AS: Butuh Waktu Tiga Tahun

Jenderal James Terry. (Sumber: Getty Images)

WASHINGTON (kabarkota.com) – Jenderal Amerika Serikat pemimpin pasukan yang bertempur melawan Negara Islam di Irak dan Suriah atau ISIS, Letnan Jenderal James Terry mengatakan, butuh waktu tiga tahun untuk mengalahkan kelompok tersebut. Menurut Terry, serangan udara Amerika untuk menggempur ISIS yang baru dimulai empat bulan lalu, masih diperlukan waktu dan kesabaran untuk melihat hasilnya secara nyata.

Baca Juga:  Kembangkan Aplikasi Bahasa Jawa, Google Gandeng UGM

"Yang perlu kita lakukan, terutama di dalam Irak, adalah meningkatkan kemampuan pasukan (Irak). Setidaknya diperlukan waktu tiga tahun (untuk mengalahkan ISIS)," kata Jenderal Terry, Kamis (18/12).

Jenderal Terry menjelaskan pasukan Kurdi dengan dukungan pesawat-pesawat tempur Amerika berhasil merebut kembali kawasan luas di dekat perbatasan Suriah. Menurutnya, hal itu sebagai kemajuan yang cukup signifikan dalam menghentikan gerak maju ISIS.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS, John Kerry menyatakan bahwa pihaknya akan meladeni ISIS sampai kapanpun. Saat ini, setidaknya terdapat 1.700 tentara AS di Irak. Sementara itu, Presiden Barack Obama telah memberikan lampu hijau untuk menambah pasukan sebanyak 3.000 personil.

Baca Juga:  Twitter Luncurkan Aplikasi Baru

Lebih dari 1.000 tentara diperkirakan akan diterbangkan ke Irak dalam beberapa pekan mendatang untuk melatih tentara negara tersebut. (BBC)