Komisioner KPID DIY Terpilih Harus Pegang Komitmen Jabatan

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) DIY yang akan terpilih nanti diminta untuk bisa memegang komitmen jabatannya. "Jangan sampai belum selesai masa jabatan sudah meninggalkan jabatannya, kecuali ada pertimbangan penting," kata Ketua Tim Seleksi KPID DIY, Masduki di Kantor DPRD DIY, Kamis (24/7).
Hal itu didasarkan pada periode lalu, sebanyak 3 komisioner yang belum selesai masa jabatan tapi mengundurkan diri karena pindah kerja dengan jabatan yang lebih. "Para komisioner nanti harus punya etika yang tinggi, memiliki kemampuan dan juga kompetensi," ujarnya. 
Baca Juga:  Menteri Sofyan A. Djalil Serahkan 2.156 Sertifikat Tanah SG/PAG
"Tantangan komisioner ke depan lebih berat jika belajar dari pelaksanaan pemilihan umum kemarin," kata Masduki.
Tim seleksi calon komisioner KPID DIY hari ini, Kamis (24/7) telah menyerahkan sebanyak 14 nama calon komisioner yang lolos seleksi dari 42 pendaftar kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY. Mereka yang lolos sudah melewati tes tulis dan psikologi.
Masduki menuturkan, 14 nama tersebut terdapat 3 nama yang merupakan calon incumbent. Tiga nama calon tersebut yakni Amin Purnama, Ahmad Ghozi Nurul Iman, dan Sukiratnasari.
Baca Juga:  9 Hari PTKM, Penurunan Kasus Covid-19 di DIY belum Signifikan
Selain itu, lanjutnya, calon-calon yang diajukan tim seleksi sudah memenuhi syarat 30 persen calon perempuan. Mereka adalah Rahayu Putraningsih, Ria Harliana, Sukiratnasari, dan Ersna Prahesti. Sedangkan, nama lain adalah Hajar Pamundi, Iwan Mahrus, Sapardiyono, Supadiyanto, R. Suryo Joko Yudah Prakoso, Teguh Ariffianto, Tentrem Widodo, dan Trapsi Haryasi. 
Ketua Komisi A DPRD DIY, Ahmad Subangi mengatakan, 14 nama yang lolos tersebut akan dilanjutkan untuk mengikuti tes fit and proper test. Tes tersebut berupa uji publik berupa dialog yang rencananya akan diputuskan selama 10 hari ke depan.
Baca Juga:  FKY ke-30 segera Digelar, Ini Agendanya
"Entah dengan media atau yang lain, supaya ada masukan," kata Subangi. 
Nantinya, ungkap Subangi, 14 nama tersebut akan dipilih sebanyak 7 nama yang akan menjadi komisioner KPID DIY periode 2014-2017. Ia berharap, komisioner terpilih, selain menjaga komitmen dan beretika tinggi juga mampu untuk mengarahkan agar media penyiaran lebih menunjukkan konten lokal penyiarannya.
"Personil KPID harus bisa menjadi salah satu gawang dalam menjaga kerifan lokal," ujarnya. (jid/kim)