LBH Yogyakarta buka Posko Pengaduan Pelanggaran THR

  • Whatsapp

jumpa pers Launching Posko Pengaduan Pelanggaran THR di kantor LBH Yogyakarta, Kamis (9/6/2016). (sutriyati/kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta membuka posko pengaduan pelanggaran Tunjangan Hari Raya (THR) oleh perusahaan untuk wilayah DIY dan Jawa Tengah bagian selatan. Kepala Departemen Advokasi LBH Yogyakarta, Rizky Fatahilah mengatakan, posko dibuka mulai Kamis (9/6/2016) atau hari ini hingga dua minggu pasca lebaran mendatang.

Bacaan Lainnya

Menurut Rizky, pihaknya sengaja membuka posko tersebut lebih awal, mengingat selama ini perusahaan yang enggan membayarkan THR bagi buruh seringkali menggunakan modus Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sebelum masuk bulan puasa ataupun hari raya keagamaan. Selain itu, mereka juga sering mengakalinya dengan mempekerjakan banyak buruh di satu pabrik dengan status Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT), dengan tanggal habis perjanjian sebelum hari raya.

“Padahal, perjanjian tersebut bertentangan dengan Undang-undang Ketenagakerjaan,” ucapnya saat menggelar jumpa pers Launching Posko Pengaduan Pelanggaran THR di kantor LBH Yogyakarta, Kamis (9/6/2016).

Melalui posko pengaduan ini, lanjut Rizky, pihaknya akan menghimpun pengaduan dari buruh dan mendesak para pengusaha untuk membayarkan THR tepat waktu.

LBH Yogyakarta juga meminta kepada Pemda DIY dan Jawa Tengah, dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja agar melakukan pengawasan langsung dan menyediakan mekanisme penyelesaian pelanggaran yang cepat dan efektif, dengan mengoptimalkan pengawas norma ketenagakerjaan.

“Kami juga meminta agar gubernur DIY dan Jawa Tengah, serta jajaran Bupati dan Walikota untuk mengeluarkan surat edaran kepada pengusaha untuk membayarkan THR kepada buruh,” imbuhnya.

Sementara, Divisi Ekosob LBH Yogyakarta, Sugianto menjelaskan, sistem pengaduan bisa dilakukan dengan datang langsung ke kantor LBH Yogyakarta maupun secara online, melalui berbagai kontak yang akan dipublikasikan lewat berbagai media sosial LBH Yogyakarta. Sekaligus untuk mengunduh formulir pengaduannya. (Rep-03/Ed-03)