Peringatan Hari Anti Korupsi, Yogyakarta Diwarnai Sejumlah Aksi

 Ilustrasi (sumber: voaindonesia.com)

SLEMAN (kabarkota.com) – Hari Anti Korupsi yang jatuh pada 9 Desember atau hari ini, menjadi momentum bagi sejumlah elemen mahasiswa dan masyarakat untuk menyuarakan aspirasi mereka di Yogyakarta.

Peringatan Hari Anti Korupsi 2014 yang dipusatkan di Yogyakarta dan rencananya juga akan dihadiri Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), Selasa (9/12) ini, akan diwarnai dengan sejumlah aksi massa di beberapa titik di Yogyakarta.

1. Audiensi Paguyuban Dukuh se-DIY di DPRD DIY

Sekitar 300 kepala dusun (dukuh) yang tergabung salam paguyuban dukuh se-DIY akan melakukan audiensi dengan para wakil rakyat di Gedung DPRD DIY pada pukul. 09.00 WIB. Kedatangan mereka untuk mempertanyakan terkait dengan tanah garapan (plungguh) ini bertepatan dengan kunjungan Komisi II DPR RI di kantor DPRD DIY yang terletak di Jalan Malioboro Yogyakarta ini.

2. Aksi Tolak Jokowi ke Jogja di Pertigaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Sejumlah elemen mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa se-Jogja, hari ini juga akan menggelar aksi damai turun ke jalan untuk menyuarakan penolakan atas kedatangan Jokowi di Yogyakarta, serta penolakan kenaikan harga BBM. Aksi massa ini rencananya dipusatkan di pertigaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, mulai pukul 10.00 WIB.

3. Aksi Long Mach komite bersama peringatan hari anti korupsi 2014 dari Kejati DIY menuju Kantor Pos Besar Yogyakarta

Komite Bersama Peringatan Hari Anti Korupsi 2014 yang terdiri dari paguyuban kawulo bantul dan Masyarakat Pemantau Kejaksaan, mulai pukul 13.00 WIB akan melakukan long mach dari Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY menuju ke Kantor Pos Besar Yogyakarta untuk mengirimkan surat kepada KPK secara simbolik atas tuntutan penuntasan kasus korupsi dana hibah Persiba. Aksi kali ini mengambil tema "Kejati gagal,KPK ambil alih kasus korupsi dana hibah Persiba.

4. Aksi Frakmayo Repdem dan pecinta anti korupsi. Di Depan Hotel Srimanganti jalan Solo.

Dalam aksinya kali ini, sejumlah penggiat anti korupsi tersebut akan menyoroti kasus dugaan korupsi atas proyek Terminal Giwangan Yogyakarta. Aksi yang rencananya digelar sekitar pukul 15.00 WIB ini akan dipusatkan di depan hotel srimanganti jalan Solo (barat wisma LPP) dekat XXI dalam bentuk karnaval bertema Balekke Sertifikat Giwangan Kang Herry Zudianto!!!

5. Muhammadiyah Jagong Anti Korusi di Titik Nol Kilo Meter Yogyakarta

Pimpinan daerah muhamadiah juga akan menggelar aksi dalam bentuk jagong anti korupsi di kawasan titik nol KM Yogyakarta, mulai pukul 16.00 – 17.30 WIB.

SUTRIYATI

Pos terkait