Potensi Wisata Gunungkidul Tinggi, Eksekusi Minim

  • Whatsapp
Ilustrasi (etikyuliandari.wordpress.com)

GUNUNGKIDUL (kabarkota.com) – Pariwisata menjadi sektor utama laju pertumbuhan ekonomi di Gunungkidul. Banyaknya objek wisata baru yang muncul berdampak pada peningkatan jumlah pengunjung sehingga meningkatkan pemasukan daerah Gunungkidul.  Menurut Bupati Gunungkidul Badingah, pendapatan di sektor pariwisata menjadi penghasilan utama sejak enam tahun terakhir.

Ekspos melalui media massa menjadi faktor penting publikasi destinasi wisata di Gunungkidul. Ia menambahkan selama ini ekspos yang dilakukan Gunungkidul secara langsung dirasa masih kurang. Meskipun demikian, ia sangat mengapresiasi media massa yang telah membantu menyebarkan informasi terkait wisasta di Gunungkidul.

Bacaan Lainnya

Pengunjung di wisata Gunungkidul terus meningkat, terlebih saat musim liburan datang. Informasi wisata Gunungkidul terbantu dengan keberadaan media sosial. Selain lebih cepat informasi disebarkan, masyarakat pada umumnya juga lebih mudah dalam mengakses.

“Sehingga, dengan adanya ekspos akan membantu pemerintah Gunungkidul untuk mengetahui apa yang menjadi kebutuhan desa dalam mengembangkan potensi masing-masing,” ujarnya  pada Jumat (2/9/2016).

Badingah menambahkan, untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Gunungkidul pihaknya akan berusaha menggali berbagai potensi wisata yang ada. Kesulitan yang dihadapi adalah mengubah kebiasaan warga yang mayoritas bermatapencaharian sebagai petani untuk beralih ke bidang pariwisata. Mempersiapkan Sumber Daya Alam (SDA) adalah langkah penting untuk hal ini sehingga tercipta SDA yang kuat secara mental maupun spiritual.

“Kita tidak mengira Kabupaten Gunungkidul terus mengalami ledakan kunjungan wisatawan,” ungkapnya.  (harianjogja.com/Ed-04)