Waduk Terbesar Kedua di Indonesia siap Jadi obyek Wisata

Ilustrasi ( youtube.com)

JAKARTA (kabarkota.com) – Pada tahun 2017 mendatang, pemerintah menargetkan, waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat siap dioperasionalkan, termasuk untuk destinasi wisata baru di kawasan tersebut.

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) yang melakukan kunjungan perdana ke Waduk Jatigede, Kamis (17/3/2016) mengungkapkan, Waduk terbesar kedua di Indonesia ini sudah mulai diairi di musim hujan ini. Bahkan, ketinggian airnya telah mencapai 40 persen dari ketinggian air yang diinginkan.

Baca Juga:  Persiapan Penting Backpacker Pemula yang Mau Berwisata ke Luar Negeri

“Kami berharap, nanti di Januari 2017, ketinggian air itu sudah maksimal sesuai yang kami inginkan,” kata Presiden seperti dilasir laman Setkab.

Selain sebagai obyek wisata, Waduk Jatigede ini, lanjut Presiden, nantinya akan mengairi 90 ribu hektar di Sumedang, Indramayu, Majalengka, Cirebon, ke sebelah utara.

Sementara terkait masalah pembebasan lahan dan ganti rugi, menurutnya, dari total 10.924 kepala keluarga (KK), sekarang tinggal 614 (KK). Pihaknya menjelaskan, pembebasan lahan dan ganti rugi untuk pembangunan Waduk Jatigede ini 100 persen ditanggung dari pemerintah pusat.

Baca Juga:  KPK dorong Sertifikasi 105 Persil Aset PT PLN di DIY

“Waduk ini sudah direncanakan tahun 60-an, jadi betul-betul sudah panjaaang… alhamdulillah bisa diselesaikan,” kata Jokowi.

Waduk Jatigede juga akan difungsikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dengan kapasitas 110 MW. (Rep-03/Ed-03)