Warung Ikhlas ke-5 Dibuka di Kota Yogya

Launching Warung Ikhlas 5 di Kota Yogyakarta, pada Jumat (17/12/2021). (dok. kabarkota.com)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Pesantren Jalanan Ridha Allah (PJRA) Yogyakarta membuka warung ikhlas ke-5 di Jalan Gedongkuning No. 30 Kota Yogyakarta, pada Jumat (17/12/2021).

Ketua PJRA Yogyakarta, Eryka Bagus Irawan menjelaskan, warung ikhlas ini merupakan warung makan gratis yang disediakan untuk masyarakat yang membutuhkan, khususnya masyarakat kurang mampu.

Menurutnya, warung ikhlas ini sebagai upaya para jamaah PJRA dalam mempraktikkan QS Al Ma’un ayat 1-3. Dalam ayat tersebut Allah berfirman, “Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Maka itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak mendorong untuk memberi makan orang miskin”.

Selain itu, ungkap Eryka, para jamaah juga ingin menerapkan ilmu dan manfaat dari pengajian yang mereka dapatkan selama ini.

“Kami ingin bersama-sama menjadikan warung ikhlas ini sebagai laboratorium kehidupan,” kata Eryka saat launching Warung Ikhlas 5 di Yogyakarta.

Eryka menjelaskan, donasi untuk mendirikan warung ikhlas didapat dari gotong-royong para jamaah, serta bantuan dari masyarakat sekitar warung. Baik berupa bahan makanan, uang tunai, maupun tenaga untuk mengolah makanan yang umumnya dikerjakan oleh ibu-ibu di sekitat warung.

Dalam sehari, masing-masing warung menyediakan porsi makan dalam jumlah yang berbeda, tergantung pada kebutuhan masyarakat, dan kemampuan jamaah. Misalnya, di Warung ikhlas 1 yang buka dari Senin – Sabtu, para jamaah mampu menyediakan 60 – 70 porsi makan per hari; Warung Ikhlas 2 rata-rata 50-60 porsi; Warung Ikhlas 3 sekitar 50 porsi; dan Warung Ikhlas 4 sebanyak 40-an porsi per hari.

“Untuk Warung Ikhlas 5 ini, kami menargetkan 50 porsi per hari, setiap hari Kamis, Jumat, dan Sabtu,” sambungnya.

Meskipun Warung Ikhlas yang dimulai sejak awal pandemi Covid-19 ini gratis, namun pihaknya tak membatasi hanya pada orang yang tidak mampu saja. Warung Ikhlas juga terbuka untuk masyarakat mampu, dengan harapan mereka datang memberikan donasi setelah makan, untuk menjaga keberlangsungan warung.

Sementara saat pembukaan, ketua PJRA Pusat, Ustad Antoro Basuki berharap, kehadiran Warung Ikhlas ini akan membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu dalam mencukupi kebutuhan makan mereka. (Rep-01)

Pos terkait