10 Solusi Atasi BlackBerry Lemot

ilustrasi (sumber: oketekno.com)

JAKARTA (kabarkota.com) – BlackBerry (BB) lemot dan nge-hang adalah hal yang umum terjadi, bahkan pada semua jenis smartphone yang satu ini. Tak hanya itu, masalah hilang sinyal pada gadget ini juga sering membuat penggunanya mati gaya.(Baca juga: Siap-Siap Sambut Tablet Baru dengan Keamanan Tertinggi)

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, ini tips dan triknya:

1.Pastikan memori internal BB masih mencukupi kapasitasnya. Jika telah penuh, bisa dikurangi dengan membuang atau uninstall beberapa aplikasi yang tak penting.

2.Install aplikasi yang dianggap penting saja, untuk mengurangi beban kerja BB sehingga tidak menjadi lemot.

3.Batasi grup di BBM. Sebab, jumlah grup akan menpengaruhi memori smartphone.

4.Segera tutup chat BBM jika tidak dipakai. Chat BBM yang tidak ditutup selama beberapa hari akan menyebabkan percakapan menumpuk dan BB melamban.

5.Biasakan menghapus cache memory di browser. Caranya, Menu BB => browser => options => cache operations => clear history.

6.Biasakan melakukan clear log untuk membantu mempercepat kinerja BB. Caranya, tekan tombol alt+LG+LG secara bersamaan => menu BB => clear log.

7.Hapus email lama yang tak penting karena inbox email berpengaruh besar terhadap penggunaan memory BB. Cara menghapusnya, pilih on Mailbox & Handheld untuk menghapus email di BB, dan di server.

8.Bersihkan memory BB secara rutin untuk memaksimalkan efisiensi BB. Tekan Menu BB => options => Security Options => memory Cleaning => ubah status menjadi ENABLE => menu BB => Clean Now.

9.Gunakan memory eksternal untuk penyimpanan file foto, video, atau pun lainnya.  Cara memindahkannya, menu BB => options => memory =>Memory => ganti status Media Card Support menjadi ON

10.Lakukan soft reset atau hard reset dengan menekan Alt – caps/tombol aA – tombol del (khusus BB yang menggunakan keyboard). Hard reset bisa juga dilakukan dengan mencabut baterai dan diamkan selama 1 menit sebelum dipasang kembali. Ini penting untuk memastikan tidak ada lagi daya listrik yang tertinggal

Selamat mencoba (pusatteknologi.com)

Pos terkait