Orbit Yogya Gelar Pelatihan Jurnalistik untuk siswa SMA dan Mahasiswa

Sesi pelatihan jurnalistik yang digelar YAAB Orbit HAH Yogyakarta di SMA N 1 Sleman, pada Minggu (23/1/2022). (dok. kabarkota.com).

SLEMAN (kabarkota.com) – Sekitar 20 siswa SMA dan mahasiswa yang mayoritas adalah Anak Bimbing (Anbim) Yayasan Amal Abadi Beasiswa Orang Tua Bimbing Terpadu Hasri Ainun Habibie (YAAB Orbit HAH) Yogyakarta mengikuti pelatihan jurnalistik, di SMA Negeri 1 Sleman, pada Minggu (23/1/2022).

Salah satu pengurus YAAB Orbit HAH Yogyakarta, Fatmiyati mengatakan, pelatihan jurnalistik ini merupakan bagian dari program yang digagas oleh Orbit Yogyakarta untuk memberikan bekal soft skills kepada para Anbim.

“Kami para pengurus memiliki program untuk memberikan bekal kepada anak bimbing sehingga tidak sekedar transaksi uang dalam bentuk pemberian beasiswa, tetapi juga membekali mereka untuk masa depan,” kata Fatmi kepada kabarkota.com.

Menurutnya, materi tentang jurnalistik cukup penting untuk dikuasai di era digital seperti sekarang.

“Mereka sangat mungkin bisa berkembang dengan memiliki kemampuan tersebut,” anggapnya.

Untuk itu pihaknya berharap, pasca pelatihan, mereka bisa memproduksi karya-karya jurnalistik yang layak dinikmati oleh umum, baik berupa tulisan maupun video. Sekaligus untuk mengaplikasikan ilmu yang sudah didapatkan dalam pelatihan tersebut.

“Harapan saya, dengan pelatihan ini, nanti bakat-bakat mereka yang terpendam bisa direalisasikan,” sambung Fatmi.

Satu peserta pelatihan, Andin mengaku, dirinya lebih terbantu dengan adanya pelatihan jurnalistik ini. Mengingat, ia sedang kuliah di jurusan broadcasting, di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta.

“Bagi mereka yang baru tahu tentang jurnalistik, kemungkinan juga mengena tentang cara membuat video dan naskah berita,” kata Andin usai pelatihan.

Dalam pelatihan kali ini, para peserta tidak hanya mendengarkan paparan materi tentang produksi video dan teknik wawancara, serta penulisan berita, melainkan juga praktik memproduksi sebuah berita tertulis maupun video yang dikerjakan secara berkelompok. (Rep-01)

Pos terkait