Temuan 119 Amunisi Senjata di Yogya, Sempat Dikira Mainan

Amunisi diduga jenis FN Kaliber 9 mm yang ditemukan di saluran air (dok. istimewa)

YOGYAKARTA (kabarkota.com) – Seorang pekerja bangunan, Sujono menemukan puluhan amunisi senjata di gorong-gorong atau saluran air sekitar Jalan KHA. Dahlan Yogyakarta, Kamis (17/10/2019).

Pria asal Tepus, Gunung Kidul, DIY ini mengaku, melihat benda tersebut sekitar pukul 09.00 WIB, ketika tengah membersihkan batu-bata di sekitar lokasi.

“Saya kira mainan, saya pegang, kok peluru aktif? Saya kembalikan, terus saya lapor,” kata Muljono.

Baca Juga:  Gerakan Tagar 2019 Ganti Presiden Menuai Penolakan di Daerah, Bagaimana dengan Yogyakarta?

Saat ditemukan, ia memperkirakan jumlahnya sekitar 70 butir, dalam posisi berserakan di dalam saluran air.

“Kondisinya masih baru,” imbuhnya.

Sementara Kapolsek Ngampilan, Yogyakarta, Hendro Wahyono mengungkapkan, berdasarkan hasil pembersihan dari Tim Jibom Brimob Polda DIY, tenyata ada 119 butir peluru yang diduga jenis FN, kaliber 9 mm.

‘Ini diamankan Tim Gegana untuk kemudian diteliti lebih lanjut, apakah sudah tidak aktif atau masih aktif semuanya,” jelasnya.

Baca Juga:  Ini Sisi Gelap Penanganan Terorisme Versi Ormas NU DIY

Lebih lanjut Hendro menambahkan, pihaknya akan melakukan pelacakan di sekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk mengetahui siapa yang membuang ratusan peluru yang diduga masih aktif tersebut.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda DIY, Yuliyanto juga menyatakan, saat ini, tim gegana sedang melakukan pemeriksaan, guna memastikan kondisi peluru masih aktif atau tidak. (Rep-01)