Anak Yang Suka Membantah Jangan Dimarahi, Coba Atasi Dengan 5 Langkah Jitu Ini

  • Whatsapp
anak berbicara kasar

4. Menjadi guru dan pelatih bagi anak

Pikirkan ketika Anda seusia mereka, apa yang Anda inginkan dari orangtua? Apakah Anda ingin didukung oleh orangtua? Ingin diperhatikan? Atau Anda hanya ingin didengar? Menjadi guru berarti Anda harus berusaha melihat dari berbagai sudut pandang, agar anak Anda mau mengikuti Anda.

Anda harus membimbingnya dalam berprilaku yang benar dan mendorong mereka untuk berprilaku yang tepat. Tentukan target batasan ketika mereka salah.

Bacaan Lainnya

Poin dari mengubah perilaku anak ayang suka membantah adalah bukan semata untuk menghormati Anda sebagai orangtuanya, namun agar dia bisa berinteraksi dengan dunia luas tanpa dengan sikap saling menghormati sesama.

Kita pasti mengharapkan bahwa kelak anak akan sukses secara finansial dan dapat diterima di masyarakat, sudah menjadi tugas kita untuk melatih anak agar bisa mencapai mimpinya tanpa harus meremehkan atau melakukan hal yang tidak baik terhadap orang lain.

5. Menegur Anak Yang Suka Membantah, Usahakan untuk tidak dilakukan di depan orang banyak

Seorang guru di sekolah mungkin bisa saja melakukannya, namun sebagai orangtuanya hal tersebut dapat membuat sang anak malu. Dampak yang ditimbulkan bisa jadi dua hal, anak Anda bisa jadi tidak akan mengulanginya lagi, tapi bisa juga prilakunya akan lebih memburuk di masa depan.

Sebaiknya Anda menyelesaikan masalah tersebut secara pribadi, anak pun akan lebih fokus mendengarkan, bukan pada perasaan malu ditegur di depan umum.

6.Jangan Berikan Cap Pembangkang Pada Anak Yang Suka Membantah

Hal yang bisa dilakukan adalah menghindar memberikan cap pembangkang pada anak. Jangan karena hanya anak menantang orangtua kadang-kadang lalu dicap sebagai pembangkang.

Anggapan yang keliru dapat mencederai hati sang anak. Karena, kita tidak tahu apa alasan anak lakukan hal itu. Maka saat sebelum judging, tanya anak mengapa mereka melakukan

Demikian beberapa langkah yang dapat Anda terapkan di rumah untuk mengatasi anak yang suka membantah. Jika dalam praktiknya Anda menemukan kendala, jangan malu untuk bertanya dan meminta saran dan bantuan dari orang yang lebih ahli.