Garap Kereta Api dan Jalan Tol, Indonesia Gandeng Tiongkok

Ilustrasi jalan tol. (sumber foto: liputan6.com)

 

JAKARTA (kabarkota.com) – Pemerintah Indonesia telah menggandeng Tiongkok untuk memenggarap Kereta Api dan Jalan Tol di Indonesia. Kerja sama tersebut dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI), PT Jasa Marga (Persero), dan konsorsium China Investment Fund (CIF) dengan membentuk tim kerja.

 

Penandatangan nota kesepahaman (MoU) ketiga pihak itu disaksikan Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri BUMN Rini M. Soemarno, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, dan Dubes Tiongkok untuk Indonesia Xie Feng, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (3/11).

Baca Juga:  KPK akan Lelang 160 Barang Gratifikasi di Yogyakarta

 

Menko Perekonomian Sofyan Djalil mengungkapkan, kerja sama yang tersepakati itu meliputi China Railway dengan KAI dan konsorsium CIF dengan Jasa Marga. "Detail kerangka kerja sama dua sektor tersebut diharapkan bisa diimplementasikan dan didiskusikan lebih lanjut dalam beberapapa bulan ke depan," ujar Sofyan seperti dikutip Antaranews.

 

Sofyan berharap, kesepakatan kerja sama itu menjadi langkah awal bagi kedua negara dalam hal pengembangan pelayanan sektor publik.

Baca Juga:  Pengamat: Pemilihan Pimpinan KPK tak Representasikan suara Masyarakat

 

Dubes China untuk Indonesia Xie Feng mengungkapkan, nota kesepahaman ini secepatnya menjadi pendorong utama kerja sama yang memberi keuntungan nyata bagi masyarakat. Hanya saja, rincian rencana pembangunan proyek-proyek yang akan dikerjasamakan tidak diungkapkan, termasuk nilai investasinya.

 

Sementara itu, baik Sofyan Djalil, Rini M Soemarno maupun Ignasius Jonan, tidak memberikan tanggapan ketika ditanya lanjutan dari pertemuan tersebut.

 

AHMAD MUSTAQIM

Baca Juga:  Tim Reformasi Tata Kelola Migas Disarankan Kerja Ekstra